Proses Pengecatan Kering (Powder Coating)

Jasa Powder Coating Aksesoris
Jasa Powder Coating Aksesoris

Powder coating sejauh ini merupakan teknik finishing dari permukaan serupa dengan cat yang umum digunakan saat ini. Teknik Powder Coating atau pengecatan kering ini pertama kali digunakan di Australia pada 1967. Powder coating sepenuhnya adalah proses finishing kering. Yang terdiri dari  partikel-partikel yang dihaluskan, seperti resin,  pigmen, dan bahan baku lainnya yang diberikan muatan elektrostatis dan disemprotkan ke objek yang akan dilapisi atau di cat. Objek benda yang akan di proses dengan Powder Coating ini terlebih dahulu di bersihkan dari segala bentuk kotoran termasuk minyak dan debu dengan tujuan untuk  mengurangi kegagalan dalam proses coating (pelapisan). Terdapat 2 teknik pengecatan kering:

  • Pencelupan > Benda yang akan di lapisi di celupkan kedalam bak yang berisi powder coating yang telah diberi muatan elektostatik.
  • penyemprotan > Powder coating yang telah diberi muatan elektostatik di semprotkan kepada objek yang akan dilapisi.

Setelah benda melalui salah satu proses tersebut diatas kemudian benda yang telah terlapisi powder coating dimasukan kedalam oven, tujuannya untuk melelehkan dan menyatukan partikel bubuk sehingga membentuk lapisan-lapisan yang halus yang melapisi objek atau benda kerja. Terdapat 2 jenis powder coating yang tersedia untuk melapisi permukaan suatu benda kerja:

  • Thermo Plastik > Material bubuk ini akan mengalami pencairan jika benda kerja mendapat perlakuan panas,
  • Thermosetting > Merupakan bahan yang kuat dan tidak akan mencair kembali walaupun benda kerja mendapat perlakuan panas.

Selama proses pengopenan reaksi kimia silang alkan terjadi karena dipicu oleh temperatur oven dan oleh karena reaksi kimia itulah yang memberikan banyak sifat unggul pada pelapisan atau pengecetan dengan menggunakan pengecatan metode kering (powder coating). Pengecatan atau pelapisan dengan menggunakan metode pengecatan kering ini sering di gunakan/ diaplikasikan pada benda yang terbuat dari aluminium atau besi. Mengapa aluminium? Bahan yang terbuat dari aluminium sangat sulit untuk dilapisi terutama dengan menggunakan cat basah.

FERRY YUSRI
TlP/WA : 0812 31800045

Kantor Kami :
UD.Murah Mantap Jaya
Jetis Kulon X/50A Wonokromo Surabaya

Keunggulan Powder Coating

Perkembangan jasa powder coating yang semakin meningkat dan mudah ditemukan di masyarakat memang tak lepas dari kebutuhan yang terus bertambah. Karena memang cat konvensional yang berbentuk cairan dengan tekstur basah akan cukup sulit menempel di obyek metal, besi atau alumunium. Supaya anda lebih yakin lagi, berikut ini adalah beberapa keunggulan yang bisa jadi pertimbangan:

  1. Warna Tebal Tahan Gores 

Salah satu kelebihan utama jasa powder coating adalah mampu menghasilkan warna yang jauh lebih cerah. Hal ini dikarenakan ketebalan cat di permukaan obyek mencapai 350 micron. Coba bandingkan dengan cat konvensional yang bertekstur cair, ketebalannya hanya mencapai 30-40 micron. Karena jauh lebih tebal, anda akan memperoleh warna yang lebih ‘berani’. Manfaat lain dari warna yang tebal ini juga akan memberikan perlindungan lebih pada metal atau logam sehingga membuatnya tahan gores.

  1. Menyatu Dengan Obyek Secara Sempurna 

Tahapan sandblasting pada pengecatan serbuk ini memang memberikan pengaruh yang positif. Karena noda-noda karat dan berbagai kotoran sudah hilang sempurna lewat penyemprotan pasir silika, maka hasil pengecatan mampu menyatu sempurna dengan obyek. Bahkan seluruh pori-pori benda bisa tertutup dikarenakan sifat adhesif serbuk cat lebih melekat. Proses chemical pre-treatment dan pemanasan maksimal dalam suhu mencapai 200 derajat celcius juga turut berpengaruh kepada bubuk cat yang makin terekat.

  1. Hemat dan Ramah Lingkungan

Dibandingkan dengan metode cat lainnya, powder coating dianggap jauh lebih efisien sehingga menghemat budget. Kenapa begitu? Karena warna cat tersebar merata dan langsung. Keberadaan alat yang modern membuat proses pengerjaan hemat waktu dan tidak membuat anggaran membengkak. Namun keunggulan lainnya yang begitu istimewa adalah materi cat berbentuk bubuk ini dipandang aman untuk kesehatan dan ramah lingkungan. Tidak perlu lagi campuran khusus untuk melarutkan cat sehingga sampah hasil kerja tidak banyak terbuang.

  1. Aman Berkualitas

Pernahkah anda terganggu dengan aroma cat yang menyengat sehingga mengganggu pernafasan? Hal itu tidak akan ditemukan dalam teknik powder coating. Karena sekalipun bubuk masih basah dan belum kering usai dipanaskan dengan suhu super tinggi, aroma yang dihasilkan tidak bikin sesak. Bahan cat bubuk yang dipakai memang aman untuk kesehatan, terutama saluran pernafasan dan kulit sekalipun terkena langsung. Kualitas cat yang dihasilkan pun diyakini bisa tahan terhadap cuaca panas atau hujan jauh lebih baik daripada cat konvensional. Tak main-main, konon katanya ketahanan kualitas cat bisa mencapai sepuluh tahun. 

Keberadaan tahapan sandblasting memang menjadi teknik penghilang karat sangat ampuh sehingga membuat material logam yang di-cat lebih tahan lama. Karena berbagai keunggulan itulah, saat ini sudah semakin banyak pemilik kendaraan memilih proses cat berbentuk bubuk aneka warna ini daripada harus dicat dengan cairan basah.

FERRY YUSRI
TlP/WA : 0812 31800045

Kantor Kami :
UD.Murah Mantap Jaya
Jetis Kulon X/50A Wonokromo Surabaya

5 Tip Mendapatkan Jasa Powder Coating Profesional

  1. Proses Pengerjaan yang Benar

Anda sebaiknya memilih jasa Powder Coating dengan teliti.  Pilihlah Jasa Powder Coating yang bertanggung jawab dan  melakukan  pengerjaannya secara benar. Pasalnya selama ini cukup banyak komplen tentang hasil cat yang kurang memuaskan, akibat pembersihan permukaan material dilakukan kurang maksimal. Jadi, utamakan jasa Powder Coating  yang memahami benar akan pentingnya proses sandblasting sebelum pengecatan.  Selain itu, pilihlah penyedia jasa yang juga memiliki penawaran penyemprotan pasir silika pada material logam Anda.

  1. Lokasi  Bengkel Powder Coating

jika Anda ingin mencari Bengkel Powder Coating, pilihlah yang lokasinya tidak jauh dari lokasi Anda. Selain agar lebih praktis pelaksanaan proses pengerjaan Powder Coating ini, lokasi Anda juga akan berpengaruh terhadap harga yang ditetapkan. Hal ini disebabkan  lokasi berpengaruh terhadap mobilisasi dan demobilisasi, loading dan unloading, serta akomodasi dan transportasi selama proses pekerjaan berlangsung.

  1. Harga

Banyak hal yang dipertimbangkan terkait masalah harga jasa Bengkel Powder Coating ini meliputi jenis barang, dimensi barang, kondisi, barang, dan lokasi pemasangan barang.  Selain itu harga juga tergantung jenis cat yang digunakan, jenis material sandblast, standar kualitasnya, serta tentunya bujet Anda. Oleh karenanya, bisa dikatakan jika harga sangat terkait dengan kualitas hasil, semakin tinggi kualitasnya tentunya semakin mahal harganya.

  1. Kualitas Cat

Pilih bengkel Powder Coating yang menyediakan cat berkualitas. Penggunaan cat yang berkualitas tentunya akan berpengaruh terhadap hasil kerja. Cat berkualitas akan dapat menempel lebih kuat pada sebuah obyek. Selain itu, juga lebih mudah diperbaiki jika ada kesalahan pada saat pengerjaannya.

  1. Review dari Konsumen

Sebelum memutuskan menggunakan jasa Poweder Coating, sempatkan membaca review dari konsumen yang telah menggunakan jasa bengkel Powder Coating tersebut. Dari review para klien yang sudah bekerja sama dengan bengkel tersebut, Anda dapat mengetahui jasa Powder Coating tersebut profesional atau tidak. Dengan demikian, Anda dapat memilih bengkel Powder Coating yang benar-benar berkualitas dan mengutamakan kepuasan konsumennya. Ini berarti mereka bertanggung jawab dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Nah, itulah ulasan 5 tips yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih Jasa Powder Coating yang tepat. Apalagi bila Anda ingin menggunakannya untuk memperindah warna motor  kesayangan bermerek seperti Ducati, Harley Davidson, atau Triump.

Kendaraan yang berbahan dasar material logam seperti metal atau besi, memang hasilnya lebih bagus bila dikerjakan dengan menggunakan teknik  pengecatan ini, dibandingkan cat konvensional. Namun, tentu saja hasilnya akan memuaskan bila dikerjakan oleh ahlinya. Semoga bermanfaat.

FERRY YUSRI
TlP/WA : 0812 31800045

Kantor Kami :
UD.Murah Mantap Jaya
Jetis Kulon X/50A Wonokromo Surabaya

PROSES POWDER COATINGS

A. PROSES PRETREATMENT

Powder coatings sepenuhnya adalah proses finishing kering. Sebelum pengecatan, material yang akan dicat dibersihkan dan diberikan treatment tertentu (dibersihkan dari segala bentuk kotoran termasuk minyak dan debu) dengan tujuan untuk mengurangi kegagalan dalam proses coating (pelapisan) dan agar mencapai daya rekat yang maksimal. Proses pretreatment ini biasanya meliputi proses:

1. Degreasing

Di dalam tangki ini berisi asam sulfat (H2SO4). Tujuan pemakaian asam sulfat ini adalah untuk membersihkan atau menghilangkan kotoran yang terdapat di sekitar permukaan aluminium. Profil dimasukkan ke dalam tangki ini selama 10-15 menit dengan suhu yang digunakan yaitu pada suhu ruangan (20-25°C).

2. Rinsing

Proses ini bertujuan untuk menghilangkan asam sulfat yang tersisa serta sisa kotoran yang masih tertampal di aluminium tersebut.

3. Desmuting

Proses ini bertujuan untuk menghaluskan permukaan aluminium dan membersihkan kotoran yang masih tertinggal pada permukaan aluminium ekstruksi. Bahan yang digunakan adalah soda api (NaOH). Dimana profil ini akan dimasukkan ke dalam tangki selama 10-15 menit pada suhu ruang (20-25°C).

4. Chromating

Cromating adalah pemeliharaan logam dengan larutan asam atau alkalin dan heksavalensi chromium untuk memproduksi lapisan yang sebagian besar terdiri dari chromium. Chromium dimasukkan ke dalam tangki kromating dari lapisan cromat di permukaan aluminium ekstruksi untuk mendapatkan dasar permukaan yang bagus untuk coating berikutnya dan coating yang halus. Cromating yang sempurna dapat dicapai jika permukaan benar-benar bersih. Waktu permasukkan yang dilakukan adalah 1-2 menit. Apabila kadar dari cromat kurang maka waktu yang digunakan untuk perendaman juga akan bertambah.

5. Rinsing ke-2

Rinsing dilakukan sebanyak dua kali yang bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan kontaminasi yang masih tertinggal pada aluminium. Pada rinsing yang kedua kali ini tangki berisi air demineralisasi sebanyak dua kali yang fungsinya untuk memastikan agar tidak ada sisa yang tertinggal sebelum proses pengeringan dilakukan.

6. Drying

Pada tahap ini, profil Aluminium yang telah dibilas dengan air demineralizer sebanyak dua kali dikeringkan di dalam oven pada suhu 80°C selama 25 menit. Pengeringan ini dilakukan agar profil Aluminium bebas dari air. Air yang masih menempel pada profil Aluminium dapat membentuk gumpalan pada proses coating.

B. PROSES APLIKASI POWDER

Powder coatings yang terdiri dari partikel-partikel ini dihaluskan, seperti resin, pigmen serta bahan baku lainnya, kemudian diberikan muatan elektrostatis, lalu disemprotkan ke objek yang akan dilapisi atau di cat. Pada saat powder coatings disemprotkan arahnya tidak lurus ke benda kerja tetapi membentuk suatu wrap round effect. Hal ini akan memberi keuntungan karena powder coatings dapat menjangkau bagian yang terlindungi.

C. PROSES CURING

Pada tahap proses selanjutnya adalah dipanaskan dalam oven selama 35-45 menit dengan suhu 180-220 °C. Hal ini akan membuat cat menjadi keras dan melekat kuat. Powder coatings umumnya dipakai untuk melapisi permukaan logam dan material keras lainnya. Aplikasi powder coatings pada logam memang sangat menguntungkan karena dianggap memiliki hasil warna yang lebih jelas dan sangat rata.

Teknik semi modern (mesin manual)

Pertama produk metal dibersihkan (blastcleaning) terlebih dahulu, kemudian dilapisi dengan cairan anti karat dan dikeringkan. Setelah itu disemprot oleh cat serbuk/bubuk (powder application) pilihan berkualitas tinggi dengan warna-warna yang menarik sesuai dengan permintaan pelanggan dengan metode elektrostatis (dengan bantuan alat semprot/spraybooth yang dialiri listrik). Metode spraybooth akan membuat cat serbuk/bubuk melekat sempurna pada permukaan metal. Selanjutnya produk yang dicat dimasukkan ke dalam sebuah oven, kemudian dipanaskan pada suhu 180-220 derajat celicius (curing) hingga cat serbuk/bubuk mencair dan melekat dengan sangat kuat pada metal tersebut.